Play list

Powered by Blogger.

May 3, 2015

FLUIDA

Share & Comment

Fluida adalah zat yang dapat mengalir. Kata Fluida mencakup zat car, air dan gas karena kedua zat ini dapat mengalir, sebaliknya batu dan benda-benda keras atau seluruh zat padat tidak digolongkan kedalam fluida karena tidak bisa mengalir.
 Susu, minyak pelumas, dan air merupakan contoh zat cair. dan Semua zat cair itu dapat dikelompokan ke dalam fluida karena sifatnya yang dapat mengalir dari satu tempat ke tempat yang lain. Selain zat cair, zat gas juga termasuk fluida. Zat gas juga dapat mengalir dari satu satu tempat ke tempat lain. Hembusan angin merupakan contoh udara yang berpindah dari satu tempat ke tempat lain.
Fluida merupakan salah satu aspek yang penting dalam kehidupan sehari-hari. Setiap hari manusia menghirupnya, meminumnya, terapung atau tenggelam di dalamnya. Setiap hari pesawat udara terbang melaluinya dan kapal laut mengapung di atasnya. Demikian juga kapal selam dapat mengapung atau melayang di dalamnya. Air yang diminum dan udara yang dihirup juga bersirkulasi di dalam tubuh manusia setiap saat meskipun sering tidak disadari.


Fluida ini dapat kita bagi menjadi dua bagian yakni:
1.    Fluida statis
2.    Fluida Dinamis
Tapi yang kita bahas dalam makalah ini hanyalah membahas tentang fluida statis (fluida diam).
Adapun pengertian dari Fluida Statis adalah fluida yang berada dalam fase tidak bergerak (diam) atau fluida dalam keadaan bergerak tetapi tak ada perbedaan kecepatan antar partikel fluida tersebut atau bisa dikatakan bahwa partikel-partikel fluida tersebut bergerak dengan kecepatan seragam sehingga tidak memiliki gaya geser.
Contoh fenomena fluida statis dapat dibagi menjadi statis sederhana dan tidak sederhana. Contoh fluida yang diam secara sederhana adalah air di bak yang tidak dikenai gaya oleh gaya apapun, seperti gaya angin, panas, dan lain-lain yang mengakibatkan air tersebut bergerak. Contoh fluida statis yang tidak sederhana adalah air sungai yang memiliki kecepatan seragam pada tiap partikel di berbagai lapisan dari permukaan sampai dasar sungai.
Contoh pada kehidupan sehari-hari, sering digunakan air sebagai contoh. Cairan yang berada dalam bejana mengalami gaya-gaya yang seimbang sehingga cairan itu tidak mengalir. Gaya dari sebelah kiri diimbangi dengan gaya dari sebelah kanan, gaya dari atas ditahan dari bawah. Cairan yang massanya M menekan dasar bejana dengan gaya sebesar Mg. Gaya ini tersebar merata pada seluruh permukaan dasar bejana. Selama cairan itu tidak mengalir (dalam keadaan statis), pada cairan tidak ada gaya geseran sehingga hanya melakukan gaya ke bawah oleh akibat berat cairan dalam kolom tersebut.

Sifat fisis fluida dapat ditentukan dan dipahami lebih jelas saat fluida berada dalam keadaan diam (statis). Sifat-sifat fisis fluida statis ini di antaranya, massa jenis, tekanan, tegangan permukaan, kapilaritas, dan viskositas. 

RUMUS-RUMUS FLUIDA STATIS :

dalam pembahasan fluida statis ini.....erat kaitannya dengan massa jenis zat dan tekanan.


1. Massa jenis zat dirumuskan :




2. Tekanan secara umum dirumuskan :




Suatu benda yang berada di dalam zat cair juga mendapatkan tekanan dari zat cair yang berada di atas benda tersebut......yang dikenal dengan istilah tekanan hidorstatis.




di dalam ruangan terbuka.....benda yang berada dalam suatu zat cair selain mendapat tekanan hidrostatis juga mendapat tekanan udara/atmosfer. Gabungan tekanan hidrostatis dan tekanan atmosfer dikenal dengan istilah tekanan mutlak.






dari bentuk2 rumus tekanan di atas menurunkan beberapa rumus baru.... namun sebelum kita bahas lebih lanjut kalian harus memahami prinsipnya yaitu bentuk2 rumus yang akan dibahas berdasarkan prinsip persamaan tekanan.




Hukum Pascal






Dua Zat Cair atau lebih dalam Pipa U




Pada daerah peralihan zat cair di sebelah kanan dan kiri pipa....mempunyai tekanan hidrostatis yang sama, sehingga membentuk persamaan :






dengan prinsip persamaan tekanan






Apabila gaya yang bekerja pada sistem di atas disebabkan oleh suatu benda yang mempunyai massa m maka berlaku hubungan F = m.g. Sehingga rumus yang sebelah kiri berubah menjadi rumus yang sebelah kanan.

tekanan yang dilakukan dalam sistem di atas sebanding dengan perubahan panjang pegas......








selanjutnya dalam sebuah sistem seperti gambar di bawah ini menunjukkan adanya perbedaan tekanan udara dalam kolom udara dibandingkan tekanan udara di luar.....Tekanan dalam kolom udara sesuai dengan rumus tekanan mutlak. Bila zat cair yang digunakan untuk pengisi adalah air raksa (Hg) maka tekanan atmosfer yang ditambahkan dalam satuan cmHg.






Hukum Archimedes tentang gaya tekan ke atas




Apabila suatu benda dimasukkan kedalam air.....maka akan mendapatkan gaya tekan ke atas sesuai dengan zat cair yang dipindahkan....yang disebut.....


Gaya Tekan ke Atas



akibatnya berat benda di dalam zat cair lebih kecil dari berat benda di dalam air....


Wair = Wudara - Fa


sampai sejauh ini berarti kita mengenal tiga bentuk gaya yakni gaya berat, gaya pegas dan....gaya tekan ke atas. seperti halnya tekanan ketiga bentuk gaya ini juga dapat dihubungkan dalam suatu rumus/konsep.


Benda Terapung di atas air








kemudian bila zat cairnya terdiri dari dua jenis.......








yang perlu diingat volume benda yang tercelup maupun volume benda total satuannya tidak selalu dalam meter kubik (m3) namun bisa dalam perbandingan ataupun persentase.


Massa maksimal balon udara




Balon udara dapat terbang karena massa jenis gas pengisi balon lebih ringan dari massa jenis udara.....selisih kedua massa jenis inilah yang digunakan dalam perhitungan massa maksimum penumpang balon udara.




Kenaikan/Penurunan zat cair dalam pipa kapiler





Tags:

Written by

We are Creative Blogger Theme Wavers which provides user friendly, effective and easy to use themes. Each support has free and providing HD support screen casting.

0 comments:

Post a Comment

 

Translate

My Blog List

Recent Posts

Why to Choose RedHood?

Copyright © Safira Blog | Designed by Templateism.com